Administrasi Layanan Mandiri pada OpenSID
Layanan Mandiri memungkinkan warga untuk mengakses data mereka sendiri (seperti biodata dan kartu keluarga) dan mengirimkan laporan kepada kantor desa melalui web desa.
Petunjuk penggunaan Layanan Mandiri oleh pengunjung web ada di [[Layanan Mandiri]].
Fitur untuk mengelola penduduk yang dapat mengakses layanan mandiri dan mengelola laporan dari penduduk ada di modul Laporan. Laman berikut ini memberi petunjuk pemakaian fitur ini.
Menambah Pengguna Layanan Mandiri
Pengguna Layanan Mandiri di kelola di laman Layanan Mandiri. Untuk pergi ke laman ini, klik Laporan > Layanan Mandiri.
Untuk menambahkan penduduk menjadi pengguna Layanan Mandiri, klik tombol Hasilkan PIN, seperti terlihat di gambar berikut.
Di form yang ditampilkan, pilih penduduk yang akan diberikan akses dan isi PIN awal. Klik Simpan untuk menyimpan data pengguna baru itu. PIN yang diisi adalah PIN awal. Pada waktu pengguna login pertama kali ke widget Layanan Mandiri di modul web, pengguna akan diminta untuk membuat PIN baru.
Menghapus Pengguna Layanan Mandiri
Untuk menghapus seorang pengguna Layanan Mandiri, klik tombol seperti terlihat di gambar berikut. Di form yang ditampilkan klik Ya untuk konfirmasi pengguna itu akan dihapus.
Data laporan yang telah dimasukkan oleh pengguna itu tidak akan dihapus. Hanya, setelah dihapus, penduduk tersebut tidak bisa login lagi di widget Layanan Mandiri di modul web.
Laporan Layanan Mandiri
Pengguna Layanan Mandiri dapat mengirim laporan kepada kantor desa. Laporan ini bisa digunakan oleh pengguna untuk menyampaikan laporan apa saja yang diinginkan, termasuk permintaan perubahan data mereka.
Laporan yang dikirimkan oleh pengguna akan ditampilkan di laman Laporan Masuk. Untuk pergi ke laman ini, klik Laporan > Laporan Masuk.
Menindak-Lanjuti Laporan Layanan Mandiri
Staf kantor desa perlu memroses semua laporan yang masuk. Biasanya ada staf yang secara khusus ditugaskan untuk memeriksa laporan setiap hari dan menkoordinasikan tindak lanjut laporan yang ada.
Untuk menandakan suatu laporan telah ditindak-lanjuti atau belum, klik tombol seperti terlihat di gambar berikut.
Menghapus Laporan Layanan Mandiri
Laporan yang telah ditindak-lanjuti bisa disimpan terus sebagai arsip, dan tidak dihapus. Umumnya, laporan yang dihapus hanya laporan yang tidak valid atau berisi komentar yang tidak relevan.
Untuk menghapus suatu laporan, klik tombol seperti terlihat di gambar berikut.
Untuk menghapus beberapa laporan sekaligus, centang laporan yang akan dihapus dan kemudian klik tombol Hapus Data untuk menghapus laporan yang dicentang.
Mencari Laporan Layanan Mandiri
Untuk mencari suatu laporan, isi kata di kotak isian seperti terlihat di gambar berikut, dan klik tombol Cari. Laporan yang isi pesannya mengandung kata tersebut akan ditampilkan.
Memilah Laporan Layanan Mandiri
Daftar laporan layanan mandiri dapat dipilah berdasarkan status laporan — apakah sudah ditindak-lanjuti atau belum. Untuk memilah daftar laporan, pilih status yang diinginkan. Setelah di-klik, laporan yang mempunyai status sesuai dengan yang dipilih akan ditampilkan.
Komentar Terbaru