Panduan Penggunaan OpenSID
Modul Administrasi
Panduan bagian ini berurusan dengan fitur yang ada di Modul Administrasi. Di instalasi standar, modul Administrasi dapat diakses di http://localhost/OpenSID/index.php/siteman. Atau bisa juga, klik di tautan pada footer Modul Web ([[http://localhost/OpenSID]]) seperti tampak di gambar di bawah.
Pada tampilan login, isikan username dan password administrator SID. Pada instalasi awal, login administrator adalah sebagai berikut:
- Username: admin
- Password: sid304
Sebaiknya demi keamanan data SID, password ini segera diganti.
Setelah login, modul Administrasi akan ditampilkan, seperti terlihat di gambar berikut.
Modul Administrasi inilah inti dari SID. Modul Administrasi berisi fitur untuk memudahkan tugas kantor desa seperti mengelola data desa, mencetak surat dan laporan; dan untuk mengelola informasi yang ditampilkan di website desa.
Berikut ini dijelaskan masing-masing menu di modul Administrasi.
Konfigurasi Aplikasi
OpenSID menyediakan berbagai setting konfigurasi untuk menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan desa. Misalnya, ada setting untuk menggantikan sebutan desa dengan kata lain, misalnya kampung. Panduan mengubah konfigurasi aplikasi ada di Panduan Konfigurasi Aplikasi.
SID Home
Identitas Desa
Di form isian ini, masukkan data dasar desa seperti nama desa, alamat kantor desa, logo desa dsbnya. Petunjuk fitur ini ada di Petunjuk Pengisian Identitas Desa.
Pemerintah Desa
Fitur ini dipakai untuk mengelola daftar perangkat desa, seperti kepala desa, sekretaris desa dan sebagainya. Perangkat desa yang terdaftar di laman ini akan tampil sebagai anggota pemerintah desa yang dapat menandatangani surat di modul Cetak Surat.
Petunjuk fitur ini ada di Pengisian Pemerintah Desa.
SID
Laman ini berisi informasi mengenai SID, termasuk tautan sumber informasi seputar OpenSID.
Penduduk
Salah satu fungsi utama SID adalah untuk mengelola data penduduk desa. Petugas SID di desa perlu selalu berusaha agar data penduduk yang tersimpan dalam SID lengkap, akurat dan terkini.
Petunjuk pengelolaan data penduduk ada di Panduan Mengelola Data Penduduk.
Statistik
Menu ini berisi fitur untuk menampilkan berbagai statistik kependudukan, termasuk laporan bulanan. Untuk penjelasan statistik yang tersedia, pergi ke Panduan Statistik Kependudukan.
Cetak Surat
Cetak Surat
Salah satu fungsi SID yang sangat membantu kantor desa adalah kemampuannya untuk mencetak berbagai surat yang biasa disiapkan oleh kantor desa.
Panduan mencetak surat dapat dilihat di Panduan Mencetak Surat.
Tanya jawab cetak surat ada di Tanya Jawab Cetak Surat.
Surat Keluar
Setiap kali mencetak surat Export Doc, surat yang dihasilkan akan direkam dalam Arsip Surat Keluar. Petunjuk pengelolaan Arsip Surat Keluar ada di [[Surat Keluar]].
Master Surat
Format surat yang disediakan dalam rilis OpenSID belum tentu sesuai dengan kebutuhan desa. Format surat yang disediakan OpenSID dapat diubah. Ikuti panduan berikut untuk mengubah format surat:
- Untuk mengubah Surat Cetak, ikuti Panduan Mengubah Template Surat Cetak
- Untuk mengubah Surat Export Doc, ikuti Panduan Mengubah Template Surat Export
Surat Masuk
Sub-menu Surat Masuk digunakan untuk mengelola surat masuk yang diterima oleh kantor desa. Petunjuk pengelolaan surat masuk menggunakan OpenSID ada di [[Surat Masuk]].
Analisis
Apakah ada dari teman-teman yang dapat membantu menulis petunjuk untuk fitur ini?
Petunjuk pengelolaan Analisis ada di Pengelolaan Analisis.
Bantuan
Program bantuan yang dikelola desa, seperti bantuan pada kelompok masyarakat tertentu, dapat direkam di SID pada modul Bantuan.
Petunjuk pengelolaan Program Bantuan ada di Pengelolaan Program Bantuan.
Persil
Apakah ada dari teman-teman yang dapat membantu menulis petunjuk untuk fitur ini?
Plan
Apakah ada dari teman-teman yang dapat membantu menulis petunjuk untuk fitur ini?
Peta
Petunjuk pengelolaan Peta ada di Panduan Pengelolaan Peta.
SMS
Apakah ada dari teman-teman yang dapat membantu menulis petunjuk untuk fitur ini?
Pengguna
SID mengenal beberapa kategori pengguna, di mana masing-masing kategori mempunyai hak akses tertentu. Penjelasan kategori pengguna beserta petunjuk pengaturan pengguna lainnya ada di Panduan Pengaturan Pengguna.
Masalah pengaturan pengguna yang sering ditemui dibahas di Tanya jawab pengaturan pengguna.
Database
Modul Database menyediakan fitur terkait administrasi database SID, termasuk impor data, ekspor data, backup/restore dan sebagainya. Penjelasan fitur yang tersedia di Modul Database ada di Panduan Administrasi Database.
Admin Web
Modul Web bisa diakses pada http://localhost/OpenSID/index.php/first. Walaupun bisa diakses pada SID offline (yaitu instalasi yang tidak bisa diakses dari internet), umumnya modul Web ditujukan pada instalasi SID online, yang bisa diakses melalui internet. Antara lain, isi modul Web adalah untuk mendukung transparansi kegiatan pemerintah desa, menggalang partisipasi warga, promosi produk dan kelebihan desa, dsbnya.
Gambar berikut menunjukkan secara umum tampilan modul Web, yang dapat diakses pada http://localhost/OpenSID/index.php/first.
Petunjuk mengelola masing-masing unsur tampilan web itu ada di Panduan Administrasi Web.
Laporan
Layanan Mandiri memungkinkan warga untuk mengakses data mereka sendiri (seperti biodata dan kartu keluarga) dan mengirimkan laporan kepada kantor desa melalui web desa.
Fitur untuk mengelola penduduk yang dapat mengakses layanan mandiri dan mengelola laporan dari penduduk ada di modul Laporan. Petunjuknya ada di Panduan Administrasi Layanan Mandiri.
1 Respon
[…] Panduan penggunaan OpenSID […]