Pemodelan di Blender (Bagian -1)
Pembuatan adegan 3D membutuhkan setidaknya tiga komponen utama: Model, Material, dan Lampu. Pada bagian ini, yang akan dibahas, yaitu mengenai pemodelan. Pemodelan, secara sederhana merupakan seni dan ilmu untuk menciptakan suatu tiruan dari bentuk objek dunia nyata atau merupakan ekpresi imajinasi kita terhadap suatu objek abstrak.
Dalam aplikasi Blender, pemodelan dapat berupa apa saja, tergantung pada jenis objek apa yang akan kita coba modelkan. Namun, ada beberapa objek yang tidak dapat dimodelkan dalam aplikasi Blender, yaitu:
- Speakers
- Cameras
- Lamps
- Mode
Bergantung pada jenis objek yang kita coba modelkan, ada berbagai jenis mode pemodelan. Karena mode tidak spesifik untuk pemodelan, mereka tercakup dalam bagian yang berbeda dari manual.
Mode Edit
Mode edit adalah mode utama pemodelan yang terjadi. Mode edit digunakan untuk mengedit jenis objek berikut:
- Meshes
- Curves
- Surfaces
- Metaballs
- Text objects
- Lattice
Meshes
Mesh Modeling biasanya dimulai dengan bentuk Mesh Primitive (misalnya lingkaran, kubus, silinder …). Dari sana kita bisa memulai mengedit untuk membuat bentuk yang lebih besar dan lebih rumit.
Mode Pemodelan
Tampilan 3D memiliki tiga mode utama yang memungkinkan pembuatan, pengeditan, dan manipulasi model mesh. Masing-masing dari tiga mode memiliki berbagai alat. Beberapa alat dapat ditemukan dalam satu atau lebih mode.
Mode yang digunakan untuk pemodelan:
- Object Mode
- Edit Mode
- Sculpt Mode
Penciptaan mesh primitive biasanya dimulai dengan menambahkan objek mesh dalam Object Mode. Jenis pengeditan terbatas seperti ukuran, lokasi, dan orientasi dapat dicapai dalam Object Mode. Object Mode juga menyediakan sarana untuk Menggabung (Join) dan Grup beberapa mesh primitive.
Pengeditan yang lebih rinci dari bentuk model mesh dilakukan di Edit Mode, dan Sculpt Mode. Sifat dari ketiga mode ini menentukan alat yang tersedia dalam berbagai panel 3D View. Beralih antar mode saat pemodelan biasa terjadi. Beberapa alat mungkin tersedia dalam lebih dari satu mode sementara yang lain mungkin unik untuk mode tertentu.
Kita dapat bekerja dengan objek geometris dalam dua mode.
Object Mode beroperasi dalam Object Mode mempengaruhi seluruh objek. Object Mode memiliki header berikut dalam 3D View:
Operasi dalam Edit Mode hanya mempengaruhi geometri suatu objek, tetapi bukan properti global seperti lokasi atau rotasi.
Kita hanya dapat memodifikasi mesh objek yang sedang kita edit. Untuk memodifikasi objek lain kita perlu beraril, lalu pilih lagi dan masuk kembali ke mode Edit Mode.
Edit Mode memiliki header berikut dalam 3D View:
Alat dan mode dalam header 3D View adalah (kiri ke kanan):
- View, Select, and Mesh menus
- Blender Mode
- Display method for 3D View
- Pivot center
- 3D manipulator widget
- Selection mode
- Limit Selection to Visible
- Proportional editing
- Snap
- OpenGL render
Kita dapat beralih antara Objek dan Mengedit Mode dengan Tab. Kita dapat mengubah ke mode apa saja dengan memilih Mode yang diinginkan dalam menu di header 3D View.
Komentar Terbaru